HUT RI Ke 76, Anies Minta Warga Tak Gelar Lomba Tirakatan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan seruan nomor 12 tahun 2021 tentang pelaksanaan kegiatan atau perlombaan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-76.

Dalam seruannya, Anies meminta warga tidak menggelar perayaan yang dapat menimbulkan kerumunan massa.

Dalam seruan tersebut, Anies melarang seluruh masyarakat Jakarta menggelar acara yang menyebabkan kerumunan, termasuk perlombaan yang biasa digelar.

“Tidak menggelar acara perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang menyebabkan terjadinya kerumunan atau pengumpulan massa termasuk tirakatan, perlombaan, hiburan musik dan sebagainya,” demikian bunyi seruan yang dilihat Senin 16 Agustus 2021.

Anies juga meminta warga Ibu Kota merayakan hari jadinya negara Indonesia di rumah saja. Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19 ketika mendekorasi rumah, kampung maupun tempat kerjanya.

“Harus selalu mengikuti dan menaati protokol kesehatan dalam melakukan kegiatan dekorasi rumah, kampung, tempat kerja dan lain sebagainya dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI,” jelasnya.

Anies juga mengajak aga masyarakat mengawal bersama proses vaksinasi COVID-19 di Ibu Kota. Sehingga, DKI Jakarta bisa segera melampaui target vaksinasi yang dicanangkan. Caranya dengan mengajak seluruh keluarga untuk divaksin Corona.

“Mari lindungi diri dan keluarga dengan mendapatkan vaksin,” imbuhnya.

Eks Mendikbud itu meyakini perayaan HUT RI Ke-76 di masa pandemi Corona ini tak akan menghilangkan makna kemerdekaan. Justru, bisa dijadikan sebagai pemacu dalam melawan virus COVID-19.

“Peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia dalam masa wabah kali ini tidak akan mengurangi maknanya walau tanpa tradisi perayaan seperti tahun-tahun sebelumnya. Monen 17 Agustus kali ini harus menjadi penyemangat bagi kita dalam berjuang melawan penyebaran wabah COVID-19,” ujarnya.

Anies juga meminta masyarakat Jakarta memperingati HUT ke-76 RI dari rumah masing-masing bersama keluarga.

Dalam seruan itu, Anies juga meminta masyarakat Jakarta tetap menaati protokol kesehatan saat membuat dekorasi untuk menyemarakkan kemerdekaan, baik di rumah, kampung-kampung, hingga tempat kerja.

“Mengawal secara bersama-sama pelaksanaan protokol kesehatan dan pencapaian target vaksinasi di seluruh DKI Jakarta dengan ikut mematuhi dan saling mengingatkan sesama warga di setiap waktu dan kegiatan,” kata Anies.

Terakhir, Anies mengajak seluruh warga DKI Jakarta untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Dia berharap seruan tersebut bisa dijalankan dan tidak mengurangi makna peringatan hari kemerdekaan.

Artikel yang Direkomendasikan